Analisis Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Daya Saing dan Permintaan Ekspor Produk Perikanan di Startup Digital X

Business Strategy Analysis for Increasing Competitiveness and Export Demand for Fishery Products in Digital Startup X

Authors

  • Renita Aulia Padjadjaran University
  • Atikah Nurhayati Padjadjaran University
  • Yuli Andriani Padjadjaran University
  • Ine Maulina Padjadjaran University

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jfmr.2024.008.03.9

Keywords:

Daya Saing, Ekspor, Produk Perikanan, Startup, Strategi Bisnis, Business Strategy, Competitiveness, Export, Fishery Products

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi bisnis pada Startup Digital X melalui identifikasi faktor internal dan faktor eksternal perusahaan sebagai bahan pertimbangan untuk merealisasikan kebijakan penting dalam bisnis perikanan. Penelitian ini dilaksanakan di Startup Digital X selama bulan Mei 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan data. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil yang didapatkan yaitu analisis faktor internal memiliki nilai sebesar 3,72 yang menunjukkan bahwa Startup Digital X berada di atas rata-rata dari keseluruhan posisi strategisnya. Sedangkan, analisis faktor eksternal memiliki nilai sebesar 3,49 yang menunjukkan bahwa Startup Digital X berada pada posisi eksternal diatas rata-rata. Hasil analisis matriks SWOT menunjukkan adanya sembilan alternatif strategi yang digolongkan berdasarkan empat (4) tipe strategi yaitu integritas kebelakang penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Hasil analisis matriks IE (Internal-Eksternal) menunjukkan bahwa Startup Digital X berada pada posisi kuadran satu yaitu strategi yang diperlukan untuk perusahaan saat ini adalah grow and build strategy.

 

The purpose of the study is to analyze the business strategy of Digital Startup X through the identification of internal factors and external factors of the company as a consideration to realize important policies in the fisheries business. This research was carried out at Digital Startup X during May 2024. The method used in this study is a case study using primary data and secondary data that uses the purposive sampling technique as a data collection technique. The data analysis used was quantitative descriptive data analysis using SWOT analysis. The results obtained are internal factor analysis has a value of 3,72 which shows that Digital Startup X is above average of its overall strategic position. Meanwhile, the external factor analysis has a value of 3,49 which shows that Digital Startup X is above average of its overall external position. The results of the SWOT matrix analysis show that there are nine alternative strategies classified based on four (4) types of strategies, namely integrity behind market penetration, market development, and product development. The results of the IE (Internal-External) matrix analysis show that Digital Startup X is in the first quadrant, namely the strategy needed for the company today is the grow and build strategy.

References

[1] Abd. Rahman Rahim & Enny Radjab. 2017. Manajemen Strategi. Makassar: Lemabaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

[2] Amalina, et al. 2019. Analisis Kelayakan Usaha Ekspor Perikanan di PT. Starfood Internasional, Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Perikanan Dan Ilmu Kelautan. 1 (1); 43.

[2] Andhatu Achsa, et al. 2021. Pemetaan Daya Saing Produk Perikanan Pulau Jawa Di Pasar Tujuan Utama. Jurnal Sosek Kelautan Perikanan. Vol. 16 No. 2: 225-236.

[3] Aprianti, E., Krisnafi, Y., & Siregar, A. N. 2020. Dampak Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 74 Tahun 2016 Terhadap Impor Produk Perikanan (Studi Kasus Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya). Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia, 12 (2), 109–122.

[4] Badan Pusat Statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. 2022. Data Statistik Angka Konsumsi Ikan Dan Ekspor Ikan Indonesia.

[5] Fahrudin. 2014. Pengembangan Ekspor Produk Kelautan Indonesia Ke Eropa. Buletin Ekonomi Perikanan, 5 (1): 35-40.

[6] Hunger David J., Wheelen Thomas L. 2017. Manajemen Strategis. S. Agung Julianto, Penerjemah. Yogyakarta: Andi. Terjemahan Dari: Strategic Management 5th Edition.

[7] Kementerian Perdagangan. 2021. Satudata Perkembangan Ekspor Nonmigas (Komoditi).

[8] Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. 2021. Buku Statistik Ekspor Perikanan dan Kelautan 2016-2020. Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. Jakarta. 929 Hal.

[9] Mursit, A., Wahyono, A., dan Setiawan, Y. 2022. Strategi Peningkatan Ekspor Produk Kelautan dan Perikanan Ke Pasar Eropa. Jurnal Manajemen USNI, 6 (2).

[10] Nurlina. 2018. Analisis Keterkaitan Sub Sektor Perikanan Dengan Sektor Lain Pada Perekonomian di Provinsi Aceh. Jurnal Samudra Ekonomika, 2 (1).

[11] Paramartha, G, A., Suryana, A, A, H., Riyantini, I., Nurhayati, A. 2022 Business Development Strategy for Skipjack Fish Floss. Asian Journal of Fisheries and Aquatic Research, 18 (1). pp. 1-15.

[12] Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2017 Tentang Jenis Komoditas Wajib Periksa Karantina Ikan, Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan 2018.

[13] Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

[14] Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

[15] Rangkuti. 2016. Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia.

[16] Sari, et al. 2021. Karakteristik Sensoris Chikuwa Dengan Perbedaan Bahan Baku Surimi Ikan. Jurnal Fishtech, Vol. 10 No. 1.

[17] Wardah, L., Suryana, AAH., J Junianto, Nurhayati, A. 2019. Analisis Struktur Rantai Pasok Komoditas Ikan Laut Segar Dalam Usaha Rumah Makan Seafood di Kota Bandung. Jurnal Perikanan dan Kelautan Vol. X No. 1.

[18] Wheelen & Hunger. 2015. Strategic Management and Business Policy, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

[19] Wheelen & Hunger. 2014. Strategic Management and Business Policy, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

[20] Wulansari, E., et al. 2016. Pengaruh Jumlah Produksi, Harga Internasional, Nilai Tukar dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Tingkat Daya Saing Ekspor Kelapa Sawit Indonesia (Studi Pada Tahun 2009-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39(2), 176–184.

[21] Yusuf, R., et al. 2017. Peluang Pasar Ekspor Tuna Indonesia: Suatu Pendekatan Analisis Bayesian. J. Kebijakan Sosek KP, 7(1), 39-50.

[22] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-11-29

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.